Saturday, December 13, 2008

Liburan ke Jogja

Hari Minggu kemaren kita berempat pergi ke Jogja. Azka seneng banget tuh waktu sampe di Bandara, liatin pesawat-pesawatnya. Gak lupa juga mainan pesawatnya dibawa. Waktu di Bandara, ternyata aku kudu diperiksa dulu ma dokter Bandara karena ada aturan baru yang sedang hamil 1-6 bulan harus nunjukkin surat dokter. Aku emang ga bawa surat dokter karena kupikir kan hamilnya belom di atas 7 bulan trus jadwal kontrolnya baru tanggal 13 Desember. Diperiksanya cuma ngukur tensi ma perutnya dipegang doang, bayar 30 rebu hiks..

Pake Sabuk Sendiri

Di Atas Awan

Nyampe Jogja, disambut ma guyuran ujan. Bikin perut yang belom diisi makan siang jadi makin laper. Akhirnya, sebelom nyampe rumah Eyang, kita mampir dulu ke Ayam Goreng Mbok Sabar, minta dibungkus. Eh, begitu ngelewatin Warung Makan Je Jamuran kita mampir juga, beli sate jamur, tongseng jamur ma Dadar Shitake, dibungkus. Cerita wisata kulinernya ntar aku posting lebih lengkap di postingan berikutnya yah abis pulang dari Bandung, insya Alloh. Selama di Jogja ampyuun deh ujan mulu tiap ari sepanjang hari. Jadinya mo ke tempat wisata outdoor juga males deh, makanya kebanyakan wisata kulinernya hehehe...

Hari senin pagi, siap-siap sholat iedul Adha. Azka semanget banget nih malah ikutan sholat juga pake sajadah kesayangannya yang gambar pesawat itu.

Ceria Menuju Mesjid

Siangnya, jalan-jalan ke Malioboro. Sempet mampir juga ke Bakmi Kadin, ga taunya tutup. Si Mbak gak diajak karena bantuin Eyang masak daging Qurban, bikin rendang, gule ma tongseng. Di Malioboro belanja buat oleh-oleh ma beli kaos Dagadu.

Malemnya diajakin mas Bagus ke Bakmi Mbah Mo. Konon katanya bakmi yang letaknya blasak-blusuk di desa itu terkenal lezat. Pengen juga siy ke sana tapi berubung tempatnya mayan jauh dan aku juga udah capek banget, jadinya mas Bagus ke sana ma adik iparnya. Buat orang rumah dibungkus ajah. Berangkat jam 7 malem, nyampe rumah jam 10 malem. Bakminya emang enak banget ternyata...

Besoknya dibeliin Soto Kadipiro ma Mas Bagus, segeeer enaak. Siangnya janjian ketemuan ma Bundazka, Mbak Novy dan Entik di rumah Bundazka, sekalian borong batiknya yang keren-keren itu. Ujan-ujan disuguhin Baso Malang, enak banget, makasi yaaa... Seru banget deh ketemuannya, gak kerasa mpe 3 jam ngobrol ngalor-ngidul hihihi..mpe Mas Bagus mati gaya tuh nungguin di teras sambil ngawasin Azka main ma Azka Rais.


Azka dan Azka Lagi Main

Mbak Novy, Vera, Entik, Bundazka

Malemnya pengen makan gudeg. Ke Jogja kurang afdol kalo ga makan gudeg. Sebenernya dari Bekasi udah niat tuh pengen cobain Gudeg Pawon yang terkenal itu. Tapi gak ku ku deh bukanya jam 12 malem hiks....akhirnya nyobain Gudeg Ceker Seturan, dikasi tau Bundazka. Ternyata enak juga, rasanya cocok di lidahku yang gak gitu suka masakan manis. Harganya juga murmer.
Makan Gudeg Ceker Seturan

Berubung besoknya juga masi ujan juga, ya udah deh ngajakin Azka ke Taman Pintar aja soalnya di sana ada fasilitas indoornya. Bukanya dari hari selasa mpe Minggu, jam 9 pagi sampe 4 sore. Ada 3 gedung, salah satunya gedung oval, tiket masuk buat anak-anak 2000, dewasa 3000. Tiket nonton bioskop 4D 15.000/orang, durasi 30 menit. Azka suka banget nonton filmnya. Sayang aja tuh dia ga mau pake kacamata 3D. Filmnya tentang petualangan burung di angkasa.

Aquarium Taman Pintar di Gedung Oval

Gaya Dulu Depan Pesawat

Belajar tentang Planet

Nonton Bioskop 4D

Di Halaman Taman Pintar, Abis Ujan

Sorenya, ngajakin Eyang ma Tante Dewi ke Gubug Mang Engking. Perjalanan kesana ga terlalu jauh, pemandangannya juga asyik banget ijo royo-royo. Tempatnya di tengah sawah. Makanannya enak banget deh dan harganya juga wajar. Kita pesen paket buat 6 orang, 295rebu, ada Gurame Bakar, Gurame goreng bumbu cobek, udang bakar madu, udang goreng mentega, udang saus tiram, karedok, tumis kangkung, lalab, sambal, es jeruk dan es teh manis. Ternyata banyak juga porsinya, gak kemakan semua jadinya ada yang dibungkus pulang. Sayang nih Azka kluar usilnya, nyemplungin sendal eyang ke kolam ikan mpe ilang deh ga ketauan rimbanya. Maaf ya, Eyang. Udah gitu, sendok yang dipegang Azka juga dicemplungin. Eeeh..pesawat mainannya juga dicemplungin juga. Semua barang-barang itu langsung lenyap entah digondol ikan ato entah kemana.

Bingung Makan yang Mana Dulu

Eyang, Tante Dewi, Dedek Finda

Azka yang Usil

Mumpung masi di desa, pagi-pagi jalan-jalan nyari camilan sambil ngirup udara yang masi bersih. Ada pasar deket rumah, letaknya di tengah desa. Pasarnya kecil dan bersih, jualin makanan. Nama pasarnya Pasar Kadiluwih di Desa Kadiluwih.


Depan Pasar Kadiluwih

Selama di Jogja, aku kan sering gendong Dedek Finda karena ni anak sepanjang siang ga mau taro di kasur, maunya digendong mulu. Jadinya sementara ibunya pergi, aku ma eyang gantian gendong. Aku seneng banget deh ternyata Azka gak cemburu ngeliat aku gendong bayi. Biasanya dia suka marah dan nangis. Wah, brarti udah siap nih jadi abang ya. Perkara nama panggilan Azka nanti nih aku ma mas Bagus belom bisa kompromi. Aku maunya Azka dipanggil "Abang Azka" sementara mas Bagus maunya "Mas Azka". Sementara Azka sendiri kadang pengen dipanggil "Abang" kadang "Mas".

21 comments:

Kristin A Kusuma said...

Seru banget liburannyaaa...walo hujan mengguyur tiap hari ga meredakan niatmu tuk wisata kuliner ;)

Btw Azka ternyata cintah banget ama pesawat yaa..liat deh..selalu pegang pesawat..waktu di taman pintar pasti Azka seneng bgt yaaa...

Dwoh..seneng ya ada kopdar juga..plus belanja batik pulak :)

Trus..mang engking nih di pandaan ada juga lho ternyata..pas lebaran kemaren waktu mudik ke kakung nya olan, juga sempet ke sana. desain lesehan sama plek deh...untung olan ga pake aksi nyemplunin sandal wkekeke...

ohya..jd penasaran ama bakmi mbah mo..hehehe..

ENDRIYANI said...

Wah asik bener ya liburannya...Full wisata kuliner...bacanya jadi ngiler!!! Azka seneng bgt ya pasti main-2 disana...trus itu pesawat mainannya gak lepas-2 ya nempel terus ditangan...

Dee... said...

wahh, kumplit liputan jalan2nya....

Eucalyptus said...

Dih, seru amat liburan ke Jogja... aku dah ber-taon2 gak pernah kesana lagi.. Udah berubah banyak pastinya...
Gudeg tugu dicoba gak say?

elly.s said...

gedung oval dimana lokasinya say?
pengen juga ngajak anak2 kesana ntar....

met liburan yak!

BUndAzkA said...

wwahhhh udah tayang..asliii seruu yaaa jalan2 ke jogja nya nih si bumil:)

azka rais sng bgt deh ktmu ama azka alfadhli:)

pulang2, bilangnya gini"bunda, azka tmnku tadi pny pesawat, nung..nung..nung..niruin si azka alfadhli mainin pswtnya".

mksh byk ya ver, udah mampir ke rumah, mksh jg bt mas bagus yg jadi matigaya di teras:) *maaf yaa abiazka ga bs lama2 nemuin,maklum pak dosen kudu nyiapin bt ngajar":)

thx bgt bt smuanya..gantian kt yg ke bekasi yaa insyaALlah

Lujenk said...

asik banget ni jalan2 ke jogjanya....
jdi ngiri deh...:(

ke2nai said...

bener wisata kuliner & selalu kopdaran. Nanti di bandung rencana mo wisata kuliner kemana & kopdaran 'ma siapa nie? :)

Irma-MamaVian said...

Wow bener2 lengkap cerita kuliner, bacanya aja udah ngiler hehehe. Di Jogja makanannya emang enak2;

Azka sama deh kayak Vian suka dengan pesawat. Ternyata ada aturan baru ya soal orang hamil yang mo naik pesawat. Thanks ya, pengetahuan baru nih, siapa tau hamil lagi *ngarep.com*

meyrinda said...

wawww seru banged Ver acara jalan2nya
makanannya bikin aku laperrr huhu
ada kopdarnya jg, wah asik deh

Mommy Farah said...

asyiikk jalan2..trus wisata kulinernya gak tahaaan deh..ikutan ngiler niy;).azka suka yah ama pesawat..bisa2 bakal jadi pilot tuh..ini pengalaman adik (alm)mommy farah dia kan military pilot sejak kecil doyan ama yg namanya pesawat..doyannya ampe seluruh lantai rumah digambarin pesawat hehehe.mama azka siap2 tuh azka bakal jadi pilot dah ketahuan deh maunya jadi apa tuh;)

Bunda Nayla said...

Seru banget Ver..jalan2nya ya. Azka jail ya, eyang pulangnya pake sendal sebelah dooong, hehehe

Nunik Achmad said...

wuiiih, asyik deh yg jalan2 ke jogja...
mana wiskul mulu ya...
Azka, jail nih, sandal eyang dicemplungin ke kolam.

entik said...

wah komplit dan lengkap deh Ver, laporan liburan ke djogjanya...

aku yang dijogja ajah malah belum nyobain wisata kuliner yang macem2 ituh he2x..

Nu gaduh blog said...

wah telat nih komennya....

itu azka bikin gemes aja semua dicemplungin...untuk azkanya ga ikutan nyebuur...hehe...

Hanif and Raihan said...

asik nich jalan2 ke jogjanya... wisata kulinernya jg seruuu banget.. sempet kopdaran lagi yaa....
Azka jail juga ya... eyang pulangnya gimana Ka?

Mama Ben said...

waduhhhh
bener2 komplit wisata kuliner beneran nih....mana enak2 lagi....
huhu jd kepengen makan gudeg bow.....

bagi duoooongggggggggg

kartika dewi tresnaningrum said...

deuw...senengnya yang barusan pulang liburan :)

walah taman pintar dah ada bioskop 4 dimensinya yak? *kuper mode on* kami dulu ke taman pintar waktu ayra masih 2taonan, heheh...lama yeee...waktu itu kesannya panas, mungkin karena pohonnya blum pada numbuh gede kali ya...hm, jadi pengen ngajak ayra ke sana lagi :)

hihihih...usil amat azka ni, jadi eyang pulangnya make sandal apa bun? ;)

widie said...

kemaren udah sempet baca2 tp belum kasih komen adek azhar keburu teriak2 hehe

Asyiikknya yg lebaran di yogya yaa..azka hepi banget tuhh trutama buat mama yaaa pasti ngidamnya terpenuhin semua neh haha lha nyari makan smpe kepelosok2 gt hahaha

Sempetin kopdaran jg neh sayang yaa udah sampe yogya kl ga kopdaran kayaknya belum afdol hahah

debbie said...

duh liburannya seru amat.....ya makan2 ya maen2...
dan tidak lupa tentu si mama vera berkopdar ria...hihihi...dimana2 deh...:D

cari tiket pesawat said...

seru banget liburan bareng keluarga